TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN
Demand & Supply
(PERMINTAAN DAN PENAWARAN)
Di dalam ekonomi, terdapat istilah permintaan (demand) dan penawaran
(supply). Keduanya sama-sama dipengaruhi oleh tingkat kebutuhan masyarakat. Dalam
setiap transaksi atau kegiatan ekonomi pasti ada permintaan, penawaran, harga
dan kuantitas (kuantitas barang) yang saling mempengaruhi.
1. TEORI PERMINTAAN
Teori permintaan menerangkan tentang ciri hubungan antara jumlah permintaan dan harga. Permintaan seseorang atau masyarakat terhadap suatu barang ditentukan oleh beberapa faktor. Faktor penting diantaranya adalah:
·
Harga barang
tersebut.
·
Harga barang
lain yang berkaitan dengan harga barang tersebut.
·
Pendapatan rumah
tangga dan pendapatan rata – rata masyarakat.
·
Model distribusi
pendapatan masyarakat.
·
Cita rasa
masyarakat.
·
Jumlah penduduk.
· Ramalan mengenai keadaan di masa yang akan datang.
Dalam analisis, diasumsikan bahwa “faktor – faktor lain tidak mengalami perubahan” atau ceteris paribus.
Permintaan dan tingkat harga memiliki sifat hubungan karena kenaikan harga menyebabkan para pembeli mencari barang lain yang dapat digunakan sebagai pengganti terhadap barang yang mengalami kenaikan harga. Begitupun sebaliknya, apabila harga turun maka seseorang akan mengurangi pembelian terhadap barang lain yang sama jenisnya dan menambah pembelian terhadap barang yang mengalami penurunan harga. Kenaikan harga juga menyebabkan pendapatan rill para pembeli berkurang. Pendapatan yang merosot tersebut memaksa para pembeli untuk mengurangi pembeliannya terhadap berbagai jenis barang, dan terutama barang yang mengalami kenaikan harga.
Jenis - Jenis Permintaan
- Permintaan Potensial
- Permintaan Absolut
- Permintaan Efektif
Faktor yang Mempengaruhi Permintaan
Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi banyak sedikitnya permintaan barang dan jasa, seperti dikutip di buku Pengantar Ilmu Ekonomi oleh Lira Zohara, yaitu:
- HargaBarang. Naik atau turunnya harga barang atau jasa akan mempengaruhi banyak atau sedikitnya terhadap jumlah barang yang diminta.
- Pendapatan Masyarakat. Pendapatan masyarakat mencerminkan daya beli masyarakat. Tinggi dan rendahnya pendapatan masyarakat akan mempengaruhi kualitas maupun kuantitas permintaan.
- Kualitas Barang. Konsumen menyukai barang yang berkualitas, semakin bagus kualitas barang, maka permintaan akan mengalami peningkatan. Begitu pun sebaliknya.
- Harga Barang Pengganti (Substitusi). Konsumen akan memilih barang atau jasa pengganti yang memiliki fungsi hampir sama, apabila harga yang ditawarkan lebih murah dari barang yang seharusnya dibutuhkan oleh konsumen.
- Jumlah Penduduk. Banyaknya penduduk dalam suatu negara akan mempengaruhi banyaknya permintaan, karena kebutuhan dalam mengkonsumsi barang lebih banyak dibandingkan negara yang memiliki penduduk sedikit.
- Selera Konsumen. Meskipun selera konsumen dinilai subjektif, tetapi semakin tinggi selera seorang konsumen akan meningkatkan permintaan suatu barang.
- Prediksi Masa Depan. Adanya dugaan harga barang dan jasa di waktu yang akan datang akan mempengaruhi suatu permintaan.
Efek Faktor Bukan Harga Terhadap Permintaan
a. Harga Barang Lain
· Barang Pengganti.
Suatu barang dinamakan barang pengganti kepada barang lain apabila ia dapat menggantikan fungsi barang lain tersebut. Barang yang dapat saling menggantikan fungsinya ialah; kopi dan teh.
·
Barang Pelengkap.
Apabila suatu barang selalu digunakan bersama dengan barang lainnya, maka barang tersebut dinamakan barang pelengkap. Contohnya ialah; gula
· Barang Netral.
Apabila dua macam barang tidak mempunyai hubungan yang rapat, maka perubahan terhadap permintaan salah satu barang tersebut tidak akan mempengaruhi permintaan barang lainnya.
b. b. Pendapatan Para Pembeli
·
Barang Inferior
·
Barang Esensial
·
Barang Normal
·
Barang Mewah
c. Beberapa Faktor Lain
·
Distribusi Pendapatan
·
Cita Rasa
Masyarakat
·
Jumlah Penduduk
· Ekspektasi Tentang Masa Depan
2. TEORI PENAWARAN
Penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu. Adanya permintaan belum merupakan syarat
yang cukup untuk mewujudkan transaksi dalam pasar. Permintaan yang wujud hanya
dapat dipenuhi apabila para penjual dapat menyediakan barang – barang yang
diperlukan tersebut.
Keinginan para menjual untuk menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu :
- Harga barang itu sendiri
- Harga barang lain
- Biaya produksi.
- Tujuan operasi perusahaan.
- Tingkat teknologi yang digunakan.
Pengaruh Faktor Bukan Harga Terhadap Penawaran
- Harga Barang Lain
- Biaya Untuk Memperoleh Faktor Produksi
- Tujuan Perusahaan
- Tingkat Teknologi
- Penawaran Perorangan
- Penawaran Pasar
Penawaran pasar adalah keseluruhan penawaran yang didapat dari penjumlahan penawaran perorangan suatu barang atau jasa pada berbagai tingkat harga.
Fungsi Penawaran
Fungsi penawaran adalah suatu fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga barang atau jasa yang ada di pasar dengan kuantitas penawaran yang ditawarkan oleh seorang produsen. Fungsi penawaran adalah digunakan oleh produsen dengan tujuan untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan banyaknya barang yang akan diproduksi.
- Permintaan bertambah (kurva permintaan bergeser ke kanan)
- Permintaan berkurang (kurva permintaan bergeser ke kiri)
- Penawaran bertambah (kurva penawaran bergeser ke kanan)
- Penawaran berkurang (kurva penawaran bergeser ke kiri)
Komentar
Posting Komentar