STRUKTUR PASAR OLIGOPOLI DAN PASAR MONOPOLISTIK

 

STRUKTUR PASAR OLIGOPOLI DAN PASAR MONOPOLISTIK

A. PASAR OLIGOPOLI 

    Pasar oligopoli adalah salah suatu struktur pasar yang didalamnya hanya terdapat kapasitas kecil atau hanya ada sedikit saja, tetapi bisa memenuhi kondisi pasar secara signifikan.

Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

  • Harga antar produk hampir sama
  • Terdiri dari dua perusahaan atau lebih
  • Produk yang diperjualbelikan bisanya bersifat homogeny
  • Membutuhkan strategi pemasaran yang matang

Jenis Pasar Oligopoli

  • Pasar oligopoli terdiferensiasi
  • Pasar oligopoli kolusi
  • Pasar oligopoli non kolusi
  • Pasar oligopoli murni

Kelebihan Pasar Oligopoli

  • Ada persaingan yang cukup ketat untuk produsen untuk memberikan manfaat terbaik kepada para konsumen. Mereka menyadari bahwa konsumen akan lebih menyukai produk berkualitas dengan harga terjangkau.
  • Meskipun cenderung menjual produk homogen, namun di dalamnya kamu bisa menemukan berbagai merek yang berbeda. Kamu bisa memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.
  • Perkembangan produk dalam pasar oligopoli cukup pesat. Hal ini dipengaruhi oleh kesadaran produsen untuk menarik konsumen dengan memunculkan inovasi baru.

Kelemahan Pasar Oligopoli

  • Produsen membutuhkan biaya dan promosi yang cukup besar. Cara ini dilakukan untuk menarik perhatian konsumen dan mendapatkan pelanggan.
  • Adanya persaingan ketat di dalam pasar, membuat produsen baru sangat sulit untuk masuk, mengikuti bahkan bertahan di sana.
  • Sering terjadi perang banting harga antar produsen untuk memikat lebih banyak konsumen. 

Contoh Pasar Oligopoli

Industri semen, Industri rokok, Jasa penerbangan, Layanan telekomunikasi, Industri kendaraan bermotor.

Faktor Penyebab Pasar Oligopoli

  • Produsen pemasok sedikit.
  • Jumlah produsen sedikit karena skala ekonomi yang harus dioperasikan umumnya sangat besar dan hanya sedikit perusahaan yang mampu memasok pasar.
  • Perusahaan dengan hak paten eksklusif terbatas.

PASAR MONOPOLISTIK

    Pasar monopolistik adalah pasar yang memiliki banyak penjual, tetapi barang yang ditawarkannya sejenis, dengan kualitas, bentuk, serta ukuran yang berbeda. Dalam pasar monopolistik, konsumen bisa mengenali dan mengetahui apa saja perbedaan dan ciri khas dari tiap produk yang ditawarkan. Struktur pasar monopolistik merupakan sebuah pasar memiliki banyak terdapat produsen, yang menjual produk yang memiliki kesamaan fungsi tapi dijual dengan corak dan kemasan yang berbeda beda. Pasar persaingan monopolistik merupakan salah satu jenis pasar persaingan tidak sempurna. 

Ciri-Ciri Pasar Monopolistik 

1. Memiliki Jumlah Produsen atau Penjual yang Sangat Banyak

2. Diferensiasi Produk

3. Persaingan Produsen Tidak Berdasar Pada Harga

4. Kebebasan Produsen Baru Untuk Keluar dan Masuk Pasar

5. Perkembangan Teknologi dan Inovasi

Keuntungan Dalam Pasar Persaingan Monopolistik

  • Memaksimalkan Keuntungan Dalam Jangka Pendek
  • Memaksimalkan Keuntungan Jangka Panjang

Terdapat Ketidakefisienan di Dalam Pasar Persaingan Monopolistik

    Ada dua penyebab mengapa ketidakefisienan muncul di dalam pasar persaingan monopolistik ini. Pertama yaitu karena harga jual yang lebih besar dibandingkan dengan biaya marginal. Kemudian yang kedua adalah kapasitas yang terlalu berlebih. Jika perusahaan mengalami kerugian minimum, maka mereka akan keluar dari pasar tersebut.

Kelebihan Pasar Persaingan Monopolistik

  • Banyaknya perusahaan di dalam pasar akan memberikan keuntungan tersendiri untuk para konsumen dalam memilih barang atau produk yang terbaik bagi mereka.
  • Adanya kebebasan untuk keluar dan masuk untuk para produsen. Sehingga hal itu akan mendorong para produsen untuk selalu melakukan inovasi dalam setiap produk yang mereka tawarkan.
  • Terdapat diferensiasi produk yang bisa mendorong para konsumen untuk lebih teliti dalam memilih produk yang nantinya akan dibeli dan bisa membuat setiap konsumen bisa lebih selektif terhadap produk yang akan dipilih.
  • Pasar tersebut relatif cukup mudah kita jumpai karena sebagian besar kebutuhan sehari-hari ada di dalam pasar monopolistik.

Kekurangan Pasar Monopolistik

  • Pasar persaingan monopolistik memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi, baik dalam hal harga, kualitas, maupun layanan. Sehingga para produsen yang tidak mempunyai modal dan pengalaman yang cukup, akan lebih cepat keluar dari pasar itu.
  • Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk dapat masuk ke dalam pasar tersebut. Sebab, para pemilik usaha yang ada di dalamnya mempunyai skala ekonomi yang tinggi.
  • Pasar ini bisa mendorong berbagai perusahaan untuk selalu memberikan inovasi. Sehingga hal itu akan meningkatkan biaya produksi yang nantinya berimbas kepada harga produk yang harus dibayar oleh para konsumen.

Contoh Pasar Monopolistik

a. Pabrik Rokok

b. Pabrik Sepeda Motor





Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI PRODUKSI JANGKA PENDEK (SATU INPUT VARIABEL)

TEORI BIAYA PRODUKSI JANGKA PENDEK