Postingan

TEORI PERILAKU KONSUMEN DENGAN PENDEKATAN ORDINAL

Gambar
  TEORI PERILAKU KONSUMEN DENGAN PENDEKATAN ORDINAL PENGERTIAN PENDEKATAN ORDINAL      Pendekatan ordinal adalah suatu pendekatan yang menganggap kepuasan tak dapat diukur secara kuantitatif, tetapi berjenjang dan hanya bisa dibandingkan. Pendekatan ini didasarkan pada fakta bahwa utilitas suatu barang atau komoditas tidak bisa diukur dalam jumlah absolut      Pola perilaku konsumen dengan pendekatan ordinal adalah perilaku konsumen dengan pendekatan kurva indiferensi. Dilihat secara kualitatif, kepuasan konsumen tidak bisa diukur hanya dengan ukuran puas/tidak puas, perilaku konsumen mempunyai skala preferensi.      Pendekatan ordinal menjelaskan kepuasan konsumen yang dihitung dengan penilaian kualitatif yang bersifat subjektif dari masing-masing konsumen. Kepuasan maksimum dicapai saat kurva indiferensi bersinggungan dengan budget line (garis anggaran) seperti ditunjukkan pada kurva. ASUMSI – ASUMSI DALAM PENDEKATA...

TEORI PERILAKU KONSUMEN DENGAN PENDEKATAN KARDINAL

TEORI PERILAKU KONSUMEN DENGAN PENDEKATAN KARDINAL PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN      Perilaku konsumen adalah sebuah kegiatan yang berkaitan erat dengan proses pembelian barang atau jasa. Sebelum membeli barang atau jasa, konsumen biasanya melakukan berbagai macam pertimbangan, seperti mempertimbangkan harga, kualitas, serta fungsi atau kegunaan dari barang atau jasa tersebut. FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KONSUMSI SESEORANG Tingkat Pendapatan Tingkat Pendidikan Tingkat dan Jenis Kebutuhan Kebiasaan Masyarakat Status Sosial Selera Masyarakat      Secara umum perilaku konsumen dibagi menjadi dua, yaitu ada perilaku yang bersifat rasional dan ada perilaku yang bersifat irasional.  Ciri-ciri perilaku konsumen yang bersifat rasional antara lain: Konsumen memilih barang berdasarkan kebutuhan. Barang yang dipilih konsumen memberikan kegunaan optimal bagi konsumen. Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin. Konsumen memilih barang yang ha...

ELASTISITAS PENDAPATAN DAN SILANG

Gambar
  ELASTISITAS PENDAPATAN DAN ELASTISITAS SILANG ELASTISITAS PENDAPATAN Elastisitas pendapatan dapat digunakan untuk menentukan seberapa sensitif permintaan suatu produk terhadap perubahan pendapatan. Dapat juga disebut sebagai elastisitas pendapatan dari permintaan, konsep elastisitas pendapatan mengukur kepekaan permintaan terhadap perubahan pendapatan konsumen. Karena pendapatan adalah salah satu pendorong utama permintaan produk, maka secara umum, ketika pendapatan konsumen meningkat, jumlah permintaan meningkat. Alasannya sederhana: konsumen memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan. Maka tidak heran jika kuantitas yang diminta berhubungan erat dengan pendapatan konsumen dan besarnya respon ditentukan oleh elastisitas pendapatan. A. Faktor - Faktor  Harga produk itu sendiri Harga produk pelengkap Harga produk substitusi dan pengganti dan selera serta preferensi dari konsumen B. Rumus Elastisitas Pendapatan = % Jumlah Permintaan Barang / % Perubahan Pendapatan Me...

ELASTISITAS PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Gambar
ELASTISITAS PERMINTAAN DAN PENAWARAN Elastisitas adalah ukuran persentase perubahan dalam satu variabel yang dihasilkan dari perubahan 1% pada variabel lain. Elastisitas adalah suatu pengertian yang menggambarkan derajat kepekaan. Elastisitas permintaan menggambarkan derajat kepekaan fungsi permintaan terhadap perubahan yang terjadi pada variabel – variabel yang menggantinya.. Rasio atau perbandingan persentase perubahan kuantitas barang yang diminta atau diserahkan terhadap persentase perubahan faktor-faktor yang mengubah kuantitas digunakan sebagai ukuran derajat kepekaan.  4 konsep elastisitas yang umumnya dipakai dalam teori ekonomi mikro, yaitu : 1. Elastisitas harga permintaan (Ed) 2. Elastisitas harga penawaran (Es) 3. Elastisitas silang (Ec) 4. Elastisitas pendapatan (Ey) Materi ini akan membahas tentang elastisitas penawaran dan elastisitas permintaan. Elastisitas Penawaran Suatu ukuran yang menggmbarkan sampai di mna kuantitas yang ditawarkan akan me...

TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Demand & Supply (PERMINTAAN DAN PENAWARAN) Di dalam ekonomi, terdapat   istilah permintaan (demand) dan penawaran (supply). Keduanya sama-sama dipengaruhi oleh tingkat kebutuhan masyarakat. Dalam setiap transaksi atau kegiatan ekonomi pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas (kuantitas barang) yang saling mempengaruhi. 1. TEORI PERMINTAAN      Teori permintaan menerangkan tentang ciri hubungan antara jumlah permintaan dan harga. Permintaan seseorang atau masyarakat terhadap suatu barang ditentukan oleh beberapa faktor. Faktor penting diantaranya adalah: ·          Harga barang tersebut. ·          Harga barang lain yang berkaitan dengan harga barang tersebut. ·          Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata – rata masyarakat. ·          Model distribusi pendapatan masyarakat...